Sabtu, 30 Januari 2010

Sosialiasi Linux untuk Guru-guru di SMPN 16 Masni SP7 Manokwari

Setelah sebelumnya di SMA Negeri 2 Manokwari dan SMA Santo Paulus Manokwari, Aku dan temanku satu geng ... Gengku bernama MawarLux (Manokwari Linux) alias KPLI-Manokwari baru saja selesai mengadakan sosialisasi Linux untuk para Guru di SMP Negeri 16 Masni SP7 Manokwari pada hari Sabtu, 30 Januari 2010. Pada kegiatan ini Kami memperkenalkan Linux secara umum dan Distro Ubuntu 9.10 SuperOS, dilanjutkan dengan demo instalasi Distro Ubuntu 9.10 (Karmic Koala) di Laptop. Ternyata ada salah satu peserta yang ingin laptopnya diinstalkan linux, jadinya ya langsung saja demonya dilakukan menggunakan laptop peserta tersebut. Kebanyakan dari peserta ternyata sudah memiliki laptop yang di dalamnya telah terinstall sistem operasi Windows, sehingga installasinya harus hati-hati agar data di partisi Windowsnya tidak terhapus. Peserta lainnya pun langsung mempraktekan di laptopnya masing-masing, menginstall ubuntu 9.10 berdampingan dengan sistem operasi Windows (dual boot).

Para peserta sangat kagum dengan linux yang ternyata dapat dijalankan secara live hanya menggunakan CD saja, sehingga bisa mencoba-coba dulu sebelum memutuskan untuk menginstall. Instalasinya ternyata sangat mudah dan cepat. Sekali install semua program yang dibutuhkan sudah mereka dapatkan : aplikasi office, video dan audio player, internet, photo editor. Tampilannya pun membuat mereka sangat tertarik. Apalagi tampilan dari Ubuntu Netbook-Remix.
Yang juga sangat menarik perhatian peserta adalah bahwa ternyata sangat jarang virus yang bisa menyerang distro Linux. Ini terbukti sewaktu salah satu flashdisk peserta yang ada virusnya dikonek, virusnya terlihat saat dibuka dengan nautilus dan langsung di klik dan delete virusnya .... dan hilang sudah virusnya.
Setelah demo instalasi, dilanjutkan dengan pengenalan aplikasi openoffice.org writer, wine untuk menjalankan flash 8 dan virtualbox. Pada pengenalan openoffice.org writer didemokan cara membuat soal pilihan berganda dengan mudah, cepat dan rapih menggunakan fasilitas Bullets and Numberings serta Columns.
Ada salah satu peserta yang meminta diajarkan cara menggunakan modem GPRS miliknya yang mengguanak kartu SIM AS (telkomsel), setelah dicoba ternyata dapat dikenal dengan baik oleh ubuntu. Hal ini membuat mereka semakin tertarik dengan linux.
Kegiatan ini dimulai jam 11.30 - 16.00. Cukup lama, karena ternyata antusiasme peserta begitu besar.
Bravo Linux You save us from piracy ....

Perlu diketahui, bahwa KPLI-Manokwari sudah berdiri sejak tanggal 18 Juni 2006, dengan sekretariat di Bahari Komputer, Jl. Yos Sudarso Manokwari.  Untuk melihat hal ini silahkan klik disini (file berformat pdf), Trus tekan tombol (button) Slow Download .... and please, be patient for waiting .... baru klik tombol Download now!  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pintar Kimia Terms of Use

By downloading or using the app, these terms will automatically apply to you – you should make sure therefore that you read them carefully b...